Minggu, 20 Januari 2013

Pariwisata Yang Berkelanjutan Dan Berwawasan Kearifan Lokal



Pariwisata Yang Berkelanjutan
Pada tahun 1992, dalam United Nation Conference on Environment and Development -the Earth Summit- di Rio de Janeiro, dirumuskan program tindak yang menyeluruh hingga abad ke-21 yang disebut Agenda 21, yang kemudian diadopsi oleh 182 negara peserta konferensi termasuk Indonesia.
Agenda 21 merupakan blueprint untuk menjamin masa depan yang berkelanjutan dari planet bumi dan merupakan dokumen yang mendapatkan kesepakatan internasional yang sangat luas, menyiratkan konsensus dunia dan komitmen politik di tingkat yang paling tinggi.
Dalam tataran kepariwisataan internasional, pertemuan Rio ditindaklanjuti dengan Konferensi Dunia tentang Pariwisata Berkelanjutan pada tahun 1995 yang merekomendasikan pemerintah negara dan daerah untuk segera menyusun rencana tindak pembangunan berkelanjutan untuk pariwisata serta merumuskan dan mempromosikan serta mengusulkan Piagam Pariwisata Berkelanjutan.
Contoh Produk Sustainable Tourism


Salah satu produk pariwisata yang diciptakan sesuai dengan prinsip pariwisata yang berkelanjutan adalah Skyrail Rainforest Cableway, yaitu gondola (kereta gantung) yang  menghubungkan pinggiran kota Cairns Caravonica di atas Taman Nasional Barron Gorge ke Kuranda, Queensland. Membentang sepanjang 7,5 km di atas Taman Nasional Barron Gorge, Skyrail menawarkan pengalaman perjalanan dengan gondola  di atas hutan tropis. Di sini, wisatawan turun dari gondola dan berjalan kaki menikmati informasi-informasi yang disediakan dan dipandu oleh guide.Skyrail dibuka untuk umum pada tahun 1995.
Konsep asli Skyrail disusun pada tahun 1987 dan diikuti oleh tujuh tahun studi kelayakan, pra-konstruksi studi dampak lingkungan serta konsultasi dan persetujuan dengan pemerintah , negara bagian, pemerintah federal, dan masyarakat setempat. Konstruksi Skyrail diaplikasikan dari teknik konstruksi yang meminimalkan dampak terhadap hutan di Taman Nasional Barron Gorge yang terdaftar di World Heritage.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar