Kamis, 03 Januari 2013

budaya Indonesia akan dibangun di 10 negara





Temanggung (ANTARA News) - Pemerintah akan membangun rumah budaya di 10 negara yakni Jepang, Australia, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Timor Leste, Mesir, Brazil, India, dan China.
"Ini diperlukan karena setiap hari Indonesia kebanjiran pusat-pusat kebudayaan asing. Di Jakarta itu ada puluahan pusat kebudayaan asing," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Windu Nuryanti.
Pembangunan pusat kebudayaan di mancanegara pada 2013, kata dia, dimaksudkan untuk mendukung diplomasi budaya dan memromosikan pariwisata dalam negeri.
Ia menambahkan, pemerintah juga berencana membangun dua rumah budaya nusantara di setiap provinsi.
dan Ia akan  menambahkan, rumah budaya akan dilengkapi dengan perpustakaan dan fasilitas untuk mendongeng, olahrasa dan olahseni.
Windu menjelaskan pula bahwa dalam hal ini pemerintah sengaja menggunakan kata "rumah" untuk pusat-pusat kebudayaan yang akan dibangun karena kata itu merepresentasikan kenyamanan.

“mengapa Kami menghindari kata 'kantor' karena pukul 14.00 umumnya kantor sudah umumnyakantorsudah tutup, kalau rumah bisa buka 24 jam," katanya.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar