Sabtu, 26 April 2014

5 MUSEUM ZOOLOGI di kota BOGOR

Add caption
     

Terletak di dalam Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi adalah tempat favorit traveler pecinta satwa atau fauna. Museum ini menyimpan puluhan ribu jenis fauna. Tercatat sekitar 650 jenis binatang mamalia, 1.100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, 10.000 jenis serangga, 700 jenis invertebrata dan moluska sejumlah 2.300 jenis ada di sini, lengkap!

"Sekarang tiket masuk Kebun Raya Bogor seharga Rp 9.500 merupakan tiket terusan untuk masuk ke dalam Museum Zoologi," kata staff dari Bagian Pemeliharaan Koleksi, Asep.

Fauna tersebut berada di dalam satu ruangan kaca besar dan ada juga yang dipajang di dinding. Asyiknya lagi, semua fauna tersebut mempunyai ruangan tersendiri, tergantung jenis spesiesnya. Anda akan terpukau melihat fauna-fauna asli Indonesia di sana, seperti bekantan, orang utan, badak bercula satu, burung kasuari, hingga macan dahlan. Benar-benar keren

4 SEJARAH ISTANA BOGOR

Add caption
  

Berawal dari keinginan orang - orang Belanda yang bekerja di Batavia ( kini Jakarta ) untuk mencari tempat peristirahatan. Karena mereka beranggapan bahwa kota Batavia terlalu panas dan ramai, sehingga mereka perlu mencari tempat - tempat yang berhawa sejuk di luar kota Batavia.
Gubernur Jendral Belanda bernama G.W. Baron van Imhoff, ikut melakukan pencarian itu dan berhasil menemukan sebuah tempat yang baik dan strategis di sebuah kampung yang bernama Kampong Baroe, pada tanggal 10 Agustus 1744.
Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1745 Gubernur Jendral van Imhoff ( 1745 - 1750 ) memerintahkan pembangunan atas tempat pilihannya itu sebuah pesanggrahan yang diberi nama Buitenzorg, ( artinya bebas masalah / kesulitan ). Dia sendiri yang membuat sketsa bangunannya dengan mencontoh arsitektur Blenheim Palace, kediaman Duke of Malborough, dekat kota Oxford di Inggris. Proses pembangunan gedung itu dilanjutkan oleh Gubernur Jendral yang memerintah selanjutnya yaitu Gubernur Jendral Jacob Mossel yang masa dinasnya 1750 - 1761
Dalam perjalanan sejarahnya, bangunan ini sempat mengalami rusak berat sebagai akibat serangan rakyat Banten yang anti Kompeni, di bawah pimpinan Kiai Tapa dan Ratu Bagus Buang, yang disebut Perang Banten 1750 - 1754.
Pada masa Gubernur Jendral Willem Daendels ( 1808 - 1811 ), pesanggrahan tersebut diperluas dengan memberikan penambahan baik ke sebelah kiri gedung maupun sebelah kanannya. Gedung induknya dijadikan dua tingkat. Halamannya yang luas juga dipercantik dengan mendatangkan enam pasang rusa tutul dari perbatasan India dan Nepal.
Kemudian pada masa pemerintahan Gubernur Jendal Baron van der Capellen ( 1817 - 1826 ), dilakukan perubahan besar - besaran. Sebuah menara di tengah - tengah gedung induk didirikan sehingga istana semakin megah, Sedangkan lahan di sekeliling istana dijadikan Kebun Raya yang peresmiannya dilakukan pada tanggal 18 Mei 1817.
Gedung ini kembali mengalami kerusakan berat, ketika terjadi gempa bumi yang pada tanggal 10 oktober 1834.
Pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Albertus Yacob Duijmayer van Twist ( 1851 - 1856 ), bangunan lama sisa gempa dirubuhkan sama sekali. Kemudian dengan mengambil arsitektur eropa Abad IX, bangunan baru satu tingkat didirikan. Perubahan lainnya adalah dengan menambah dua buah jembatan penghubung Gedung Induk dan Gedung Sayap Kanan serta Sayap Kiri yang dibuat dari kayu berbentuk lengkung. Bangunan istana baru terwujud secara utuh pada masa kekuasaan Gubernur Jendral Charles Ferdinand Pahud de Montager ( 1856 - 1861 ). Dan pada pemerintahan, selanjutnya tepatnya tahun 1870, Istana Buitenzorg ditetapkan sebagai kediaman resmi para Gubernur Jendral Belanda.
Akhir perang dunia II, Jepang menyerah kepada tentara Sekutu, kemudian Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Barisan Keamanan Rakyat ( BKR ) sempat menduduki Istana Buitenzorg untuk mengibarkan bendera merah putih. Istana Buitenzourg yang namanya kini menjadi Istana Kepresidenan Bogor diserahkan kembali kepada pemerintah republik ini pada akhir tahun 1949. Setelah masa kemerdekaan , Istana Kepresidenan Bogor mulai dipakai oleh pemerintah Indonesia pada bulan Januari 1950.
Kepustakaan dan Benda Seni
Istana Kepresidenan Bogor mempunyai koleksi buku sebanyak 3.205 buah yang daftarnya tersedia di kepustakaan istana. Istana ini menyimpan banyak benda seni, baik yang berupa lukisan, patung, serta keramik dan benda seni lainnya. Hingga kini lukisan yang terdapat di istana ini adalah 448 buah, dimana judul/nama lukisan itu, pelukisnya, tahun dilukisnya, tersedia dalam bentuk daftar sehingga memudahkan siapa saja yang ingin memperoleh informasi tentang lukisan tersebut. Begitu pula halnya dengan patung dengan aneka bahan bakunya. Di istana ini terdapat patung sebanyak 216 buah.
Di samping lukisan dan patung, Istana Bogor juga mengoleksi keramik sebanyak 196 buah. Semua itu tersimpan di museum istana, di samping yang dipakai sebagai pemajang di setiap ruang/bangunan istana.

3 SEJARAH WAYANG KULIT


asar-dasar Pewayangan
Wayang kulit diciptakan Raja Jayabaya dari Kerajaan Mamenang/Kediri sekitar abad ke-10. Raja berusaha menciptakan gambaran dari roh leluhurnya yang digoreskan di atas daun lontar. Bentuknya ditiru dari gambaran relief cerita Ramayana pada Candi Penataran di Blitar. Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia, yang terutama berkembang di Jawa dan di sebelah timur semenanjung Malaysia seperti di Kelantan dan Terengganu.







Wayang kulit tokoh Kresna
Figur tokoh pertama yang diciptakan adalah Batara Guru atau Sang Hyang Jagadnata adalah perwujudan dewa Wisnu. Secara umum wayang memang mengambil cerita dari kisah Mahabarata dan Ramayana, tetapi tidak selalu terbatas pada kedua cerita tadi saja. Satu hal yang pasti, untuk memahami cerita wayang atau lakonnya, penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh pewayangan. Beberapa tokoh pewayangan antara lain Kresna, Dewi Sinta, Dewi Arimbi, Srikandi, Surtikanti, Punta Dewa, Bima, Arjuna, Werkudoro, Brotoseno, Sadewa, Nakula, dll.
Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang. Dalam pergelarannya, wayang kulit diiringi oleh musik gamelan dengan nyanyian para pesinden. Dalang memainkan wayang kulit di balik layar yang disebut kelir dan terbuat dari kain putih. Bagian belakang kelir disorotkan lampu listrik atau lampu minyak sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir.
Pergelaran wayang kulit. Foto: gamelan.org.nz
Persiapan Pembuatan Wayang Kulit
Wayang kulit umunya terbuat dari kulit kerbau. Kenapa kulit kerbau? Karena tidak mengandung banyak minyak. Kulit sapi contohnya, memiliki kandungan minyak tinggi sehingga proses pengeringannya bisa sampai berminggu-minggu. Kulit kerbau sudah bisa langsung kering setelah dijemur 4 sampai 5 hari.
Kulit kerbau yang baru dikelupas dijemur di bawah sinar matahari dengan posisi dibentangkan. Jika cuaca sedang mendung, seluruh permukaan kulit kerbau ditaburi garam supaya tidak cepat busuk. Setelah benar-benar kering, kulit kembali direndam selama satu malam, kemudian dijemur lagi. Baru setelah kering untuk yang kedua kalinya bulu-bulu yang melekat pada kulit dikerok dengan pisau.
Peralatan yang digunakan untuk membuat wayang kulit adalah besi yang ujungnya runcing. Biasanya besi ini diambil dari jari-jari sepeda motor. Pada dasarnya besi dari baja ini digunakan untuk menata atau membuat berbagai bentuk lubang. Coba kamu perhatikan wayang kulit, ada banyak ukiran yang dibuat hingga benar-benar berlubang.
Menatah wayang kulit. Foto: infoyogya.com
Proses Pembuatannya
Pertama kali yang dilakukan adalah menjiplak gambar atau pola yang sudah ada. Setelah itu digunting sesuai bentuknya. Pola yang sudah jadi terdiri dari beberapa bagian. Bagian tangan adalah yang dipasang pertama. Pada tangan ada dua sambungan: lengan bagian atas dan siku. Cara menyambungnya dengan sekrup kecil yang terbuat dari tanduk kerbau atau sapi. Untuk menggerakkan bagian lengan digunakan tangkai berwarna kehitaman yang juga terbuat dari tanduk kerbau.
Kalau kamu perhatikan, ada beberapa wayang kulit yang warnanya keemasan. Warna emas itu didapat dari prada, kertas warna emas yang ditempel. Cara lain adalah dengan dibron, dicat dengan bubuk yang dicairkan. Wayang yang menggunakan prada hasilnya jauh lebih baik karena warnanya lebih tahan lebih lama.

2 SEJARAH BATIK


Batik Indonesia menjadi semakin terkenal setelah memperoleh pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB yang memutuskan batik Indonesia sebagai warisan pusaka dunia. Pengakuan yang diberikan pada 2 Oktober 2009 lalu menjadi tonggak penting untuk eksistensi batik di dunia internasional. Dalam rentang waktu sangat panjang batik hadir di bumi Nusantara. Batik sudah ada sejak zaman nenek moyang Indonesia.

Kata batik berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: amba, yang bermakna 'menulis' dan titik, yang bermakna 'titik'. Walaupun kata batik berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa teknik membatik kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilanka pada abad ke-6 atau ke-7. Di sisi lain, J.L.A. Brandes, arkeolog Belanda, dan F.A. Sutjipto, sejarawan Indonesia, percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme, tetapi diketahui memiliki tradisi kuno membuat batik.

G.P. Rouffaer juga melaporkan bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur. Dia menyimpulkan bahwa pola seperti ini hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting sehingga ia berpendapat bahwa canting ditemukan di Jawa pada masa sekitar itu. Adapun detil ukiran kain yang menyerupai pola batik dikenakan oleh Prajnaparamita, arca dewi kebijaksanaan Buddhis dari Jawa Timur abad ke-13. Detil pakaian menampilkan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang rumit yang mirip dengan pola batik tradisional Jawa yang dapat ditemukan kini. Hal ini menunjukkan bahwa membuat pola batik yang rumit yang hanya dapat dibuat dengan canting telah dikenal di Jawa sejak abad ke-13 atau bahkan lebih awal.

Sementara pada legenda dalam literatur Melayu abad ke-17, Sulalatus Salatin, menceritakan Laksamana Hang Nadim yang diperintahkan oleh Sultan Mahmud untuk berlayar ke India agar mendapatkan 140 lembar kain serasah dengan pola 40 jenis bunga pada setiap lembarnya. Karena tidak mampu memenuhi perintah itu, dia membuat sendiri kain-kain itu. Namun sayangnya kapalnya karam dalam perjalanan pulang dan dia hanya mampu membawa empat lembar sehingga membuat sang Sultan kecewa. Kemudian keempat lembar kain tersebut ditafsirkan sebagai batik.
Selanjutnya..

1 SEJARAH REOG PONOROGO


Reog merupakan salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih terjaga eksistensinya hingga kini. Kesenian tradisional ini memiliki unsur mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Hal tersebut menjadikan daya tarik tersebdiri. Sedangkan Ponorogo merupakan kota yang dianggap sebagai asal kesenian Reog. Pada gerbang kota Ponorogo, terdapat sosok Warok dan Gemblak yang merupakan dua sosok tokoh kesenian Reog yang selalu tampil pada saat pertunjukkan berlangsung.
Terdapat lima versi yang populer mengenai asal usul kesenian Reog ini, namun diantara kelima versi tersebut yang paling terkenal adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu yang merupakan abdi kerajaan pada masa kepemimpinan Bhre Kertabhumi di Kerajaan Majapahit pada abad ke-15. Pada masa itu Ki Ageng Kutu memberontak dan menyindir raja beserta kerajaannya melalui pertunjukkan kesenian Reog. Dalam pertunjukkan tersebut ditampilkan topeng berbentuk kepala singa dan disebut dengan nama Singa Barong yang melambangkan Sang Raja Kertabhumi. Sedangkan bulu-bulu merak yang tertancap di atas kepala Singa Barong dan menyerupai kipas raksasa melambangkan pengaruh kuat rekan Sang Raja yang berasal dari Cina. Sementara untuk tarian Jatilan yang diperankan oleh para penari Gemblak melambangkan kekuatan pasukan Kerajaan Majapahit dan berbanding terbalik dengan kekuatan para Warok yang menjadi simbol dari kekuatan Ki Ageng Kutu sendiri dimana para Warok harus menopang topeng Singa Barong dengan berat mencapai 50 kilogram hanya dengan menggunakan giginya.
Kesenian Reog yang dipentaskan oleh Ki Ageng Kutu semakin populer di kalangan masyarakat saat itu sehingga hal tersebut membuat Raja Bhre Kertabhumi mengambil tindakan penyerangan ke perguruan Ki Ageng Kutu dan melarang melanjutkan pengajaran tentang Warok. Sedangkan pementasan kesenian Reog sendiri masih diperbolehkan karena sudah terlanjur menjadi sebuah kesenian yang populer di masyarakat, namun dengan alur baru dalam jalan ceritanya dan penambahan karakter dari cerita rakyat Ponorogo yakni Kelono Sewandono, Dewi Songgolangit serta Sri Genthayu.
Saat ini alur cerita Reog Ponorogo mempunyai versi resmi tentang seorang Raja Ponorogo beserta pasukannya yang terdiri dari Raja Kelono dan wakilnya yang bernama Bujang Anom serta para Warok yang berkeinginan untuk melamar Dewi Ragil Kuning, seorang putri dari Kediri. Namun di tengah perjalanan Sang Raja dihadang oleh pasukan Raja Singabarong dari Kediri yang terdiri dari merak dan singa.
Kesenian Reog biasanya digelar dalam beberapa acara penting seperti pernikahan, khitanan maupun hari-hari besar nasional. Kesenian Reog ini terdiri dari beberapa rangkaian, yang dibuka dengan adegan tarian pembukaan yang berjumlah dua hingga tiga tarian yang disusul dengan tarian inti dimana tarian tersebut tergantung dari acara yang sedang dilaksanakan. Adegan yang terakhir berupa tarian Singa Barong dimana sang penari harus menopang topeng dengan giginya. Topeng tersebut berbentuk kepala singa dan berbulu merak dengan berat dapat mencapai 50 hingga 60 kilogram.
Terdapat beberapa tokoh dalam kesenian Reog, diantaranya adalah Jathil berupa prajurit berkuda, Warok berupa seorang tokoh yang digambarkan menguasai ilmu baik lahir maupun batin, Barongan (Dadak Merak) berupa peralatan tari pada kesenian Reog, Klono Sewandono atau Raja Kelono berupa seorang tokoh raja yang mempunya kesaktian yang mempunyai senjata pusaka Kyai Pecut berupa cemeti serta Bujang Ganong atau Ganongan atau dikenal juga dengan nama Patih Pujangga Anom berupa seorang tokoh patih yang sakti, cerdik, jenaka dan berkemauan keras.

"PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKANBUDAYA BANGSA INDONESIA"


TUGAS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
SOFTSKILL
"PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKANBUDAYA BANGSA INDONESIA"



DiSusun oleh:
FITRI SAURAH.S
{13212011}



FAKULTAS EKONOMI MANAGEMENT
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
Jl. Akses Kelapa Dua, Cimanggis 8719525, 8710561, 8727541 ext. 103,106 Fax : 8710561


KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini kami membahas mengenai "PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKANBUDAYA BANGSA INDONESIA
Makalah ini dibuat dengan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan tantangan dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. 
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun kami. Kritik dari pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. 
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca.

Bogor, 21 April 2014
Penulis
FITRI SAURAH.S
BAB 1 
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Kita Sebagai generasi muda, sudah seharusnya berpartisipasi aktif pada pembangunan kota,khususnya dalam bidang budaya. Partisipasi tersebut dapat dilakukan melalui para generasi mudayang mempunyai kemauan, kemampuan, dan harapan yang besar untuk membangun suatudaerah lebih baik lagi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bersama-samameningkatkan potensi yang ada di suatu daerah. Potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesiasangatlah besar karena begitu banyak budaya, kesenian, suku, ras, bahasa, agama, dankepercayaan yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentu bukanlah menjadi penghambat untuk kitakarena begitu banyaknya perbedaan, namun sebaliknya perbedaan tersebut tentu akan menjadikekuatan dan kelebihan yang dimiliki Indonesia seperti pada semboyan Bhineka Tunggal Ika,yaitu berbeda-beda tetapi pada hakikatnya tetap sebagai satu kesatuan.Generasi muda sebagai elemen yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan apapundalam melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia dan sekaligus berkontribusi sangat besar dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Saya sebagai salah satu mahasiswa dariPurwokerto menyadari ketika mendapatkan Djarum Beasiswa Plus dan menjadi Beswan Djarum bertemu dengan berbagai teman-teman Beswan dari berbagai penjuru negeri yang memiliki budaya, agama, ras, dan bahasa yang berbeda-beda membuat diri saya menjadi lebih mengetahuiakan makna perbedaan tersebut dapat menjadi kekuatan dan nilai hidup yang berharga.Perbedaan tersebut membuat saya mendapatkan informasi, pelajaran, dan pengalaman baruketika bertemu dengan teman-teman Beswan dari daerah lain yang memiliki budaya yang berbeda. Perbedaan itulah yang membuat kami lebih mengetahui, memahami, dan menghormatisatu sama lain.
Permasalahan terhadap masyarakat saat ini yang belum mengetahui, memahami, menguasai, danmengkomunikasikan budaya lokal perlu suatu cara untuk dapat mengarahkan itu semua.Disinilah peran generasi muda di lingkungan tempat mereka tinggal untuk bersama-samamengarahkan itu semua melalui pelestarian kebudayaan, salah satunya dengan ikut sertalangsung dalam acara festival budaya di daerah masing-masing agar dapat mengenal danmencintai kebudayaan yang ada di Indonesia sejak dini. Hal inilah yang membuktikan bahwa di pundak pemudalah masa depan pembangunan bangsa dan negara Indonesia, karena pada dirigenerasi muda tersimpan potensi yang besar dan memiliki daya kreatifitas yang tidak terbatasuntuk kesuksesan suatu pembangunan. Begitu juga dalam pelestarian budaya di suatu Negara.Kontribusi dan apresiasi yang besar dari generasi muda sangat diperlukan karena generasi mudasebagai tenaga-tenaga professional yang energik, kreatif, dan inovatif.Pemberdayaan generasi muda sebagai frontliner untuk melestarikan kebudayaan bangsaIndonesia ini sangat dibutuhkan sebagai upaya mempercepat kemajuan untuk dunia industri budaya dan pariwisata Indonesia di masa yang akan datang.
2. RUMUSAN MASALAH 
1) Budaya Indonesia yang pernah di KLAIM oleh negara lain
3. TUJUAN PENULISAN
Tujuan penulisan makalah (papers) ini selain sebagai pemenuhan akan tugas PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA  BANGSA INDONESIA
juga sebagai sarana membagi informasi dan pandangan baru bagi para pembaca, sehingga penulis berharap makalah ini dapat mendorong para pembaca serta dapat menyumbangkan pemikiran yang dapat membantu dalam melestarikan budaya indonesia.
BAB 11
PEMBAHASAN
1. 10 BUDAYA INDONESIA YANG PERNAH DI KLAIM MALAYSIA
1. Batik
 Kepemilikan batik sebagai warisan budaya tak berbenda menggelinding setelah Malaysia  
 mengklaim sebagai warisan nenek moyangnya. Untuk mengakhiri polemik, Pemerintah Indonesia   
 akhirnya mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapatkan pengakuan.
2. Lagu Rasa Sayange
 Polemik klaim lagu "Rasa Sayange" cepat berakhir. Pemerintah Malaysia sendiri yang  
 mengakhirinya. 11 November 2007, Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia,       
 Rais Yatim mengakui bahwa Rasa Sayange adalah milik Indonesia.
3. Reog Ponorogo
Usai mengklaim Lagu Rasa Sayange, perilaku Malaysia yang suka mengklaim budaya Indonesia berlanjut. Namun masalah ini tidak berlanjut ke UNESCO karena Pemerintah Diraja Malaysia melakukan klarifikasi. Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Zainal Abidin Muhammad Zain membantah bahwa Pemerintah Malaysia tidak pernah mengklaim Reog Ponorogo. Reog Ponorogo sendiri kata dia bukan sebagai budaya asli negaranya.
4. Wayang Kulit
 Malaysia pernah mengklaim wayang kulit sebagai budayanya. Padahal sudah jelas wayang kulit ini   
 adalah budaya khas Jawa. Pertunjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 27  
 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi.
5. Kuda Lumping
 Tarian ini berasal dari Jawa. Namun, orang - orang Jawa mewariskannya kepada anak - anaknya yang   
 sudah menetap di Malaysia sehingga diklaim sebagai budaya warisan negeri Jiran.
6. Rendang Padang
 Klaim Rendang Padang tak berlangsung lama karena dalam catatan sejarah masakan yang paling  
 enak di dunia itu bukanlah produk asli Malaysia. Masakan Rendang berasal dari Sumatera
 Barat.
7. Keris
 Keris merupakan salah satu senjata para raja Majapahit. Wilayah yang paling banyak memakai keris  
 adalah Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, Pesisir Kalimantan dan Sulawesi. Malaysia tak bisa  
 mengklaimnya karena sejarah membuktikan bahwa budaya Indonesia.
8. Angklung
 Angklung adalah budaya khas dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Warisan leluhur ini  
 juga pernah diklaim oleh Malaysia. Polemik klaim Malaysia berakhir setelah alat musik ini terdaftar  
 sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia di UNESCO sejak November  
 2010.
9. Tari Pendet dan Tari Piring
 Kedua tari yang berasal dari Pulau Sumatera ini juga pernah diklaim Malaysia. Tari piring adalah  
 salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari Kota Solok, Provinsi Sumatera  
 Barat.
10. Gamelan Jawa
 Gamelan Jawa merupakan alat musik khas Jawa yang terdiri dari berbagai macam alat musik. Selain  
 bonang, gong, ada pula rebab dan alat musik lainnya yang biasanya mengiringi wayang.
BAB 111
PENUTUP
1. Kesimpulan
Jadi sebagai para generasi muda kita harus dan wajib membudidayakan BUDAYA BANSA INDONESIA karena apa bila kita tidak membudidayakan dan melestarikan makan akan banyak lagi BUDAYA kita di akui atau di klaim oleh negara lain. Maka dari itu Cintai Kembangkan Promosikan dan Budidayakan selalu kekayaan indonesia.
2. Saran
Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan kehidupan budaya Indonesia semakin kompleks. Diharapkan dengan semakin banyaknya pengalaman dan perkembangan budaya Indonesia dapat lebih di kembangkan
DAFTAR PUSTAKA